BAB III
TUGAS PENDAHULUAN
1. Jelaskan
perbedaan antara Class dan Objek !
2. Buatlah
program menggunakan class dan objek dengan nama motor.java, jika program di
jalankan hasilnya seperti di bawah ini :
Object
―motor-1‖ :
Merk
: Yamaha
Pemilik
: Pak Darmawan
Object
―motor-2‖ :
Merk
: Honda
Pemilik
: Pak Nasiruddin
3. Create
a design that uses packages to organize related classes
Jawab:
1. Perbedaan
antara objek dengan class
Objek :
Ø Objek
merupakan segala sesuatu yang dapat dibedakan satu sama lainnya. Segala sesuatu
yang ada di alam semesta ini adalah objek. Contohnya: manusia, mobil, hewan,
tumbuhan, tempat, atau bahkan yang tidak bersifat fisik seperti kejadian atau
konsep-konsep. Method merupakan suatu fungsi (sub-routine) yang berhubungan
dengan objek.
Ø Semua objek
adalah instan dari kelas.
Ø Objek
merupakan hasil instansiasi dari suatu kelas.
Ø Kelas
digunakan untuk menciptakan banyak objek
Ø Proses
pembentukan objek dari suatu class disebut dengan instantiation.
Ø Objek
disebut juga instances.
Class :
Ø Kelas
merupakan suatu hasil pemodelan fakta-fakta dari suatu objek yang berguna bagi
suatu aplikasi yang diprogram. Proses pemodelan fakta-fakta tersebut disebut
dengan abstraksi.
Ø Dalam suatu
sistem, sering kali ditemui beberapa objek sejenis
Ø Beberapa objek
sejenis dapat di-identifikasi sebagai suatu kelas (class)
Ø Classs dapat
mendefinisikan bentuk dan perilaku objek
Ø Class
adalah template/ prototype yang mendefinisikan Type objek
Ø Class
merupakan “cetakan” (blueprint) dari suatu obek
Ø Class dapat
membuat objek-objek baru yang masing-masing dapat memiliki keadaan yang
berbeda-beda.
2. Coding
package
Modul_1;
public class
Sepeda_Motor {
public
String namaPemilik,merkMotor,pemilikMotor;
public
Sepeda_Motor (String nama){
namaPemilik=nama;
}
public void
setNama(){
System.out.println("Object
:"+namaPemilik);
}
public
String getMerk(String merk){
merkMotor=merk;
return
merk;
}
public void
setMerk(){
System.out.println("Merk
:"+merkMotor);
}
public
String getPemilik(String pemilik){
pemilikMotor=pemilik;
return merkMotor;
}
public void
setPemilik(){
System.out.println("Pemilik
:"+pemilikMotor);
}
}
|
package
Modul_1;
public class
Utama {
public static void
main(String[] args) {
Sepeda_Motor baru1=new
Sepeda_Motor("Motor Pertama");
baru1.setNama();
baru1.getMerk("Yamaha");
baru1.setMerk();
baru1.getPemilik("Pak
Darmawan");
baru1.setPemilik();
Sepeda_Motor baru2=new
Sepeda_Motor("Motor Kedua");
baru2.setNama();
baru2.getMerk("Honda");
baru2.setMerk();
baru2.getPemilik("Pak
Nasiruddin");
baru2.setPemilik();
}
}
|
Running
Object
:Motor Pertama
Merk
:Yamaha
Pemilik
:Pak Darmawan
Object
:Motor Kedua
Merk
:Honda
Pemilik
:Pak Nasiruddin
|
3. Gambar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar